Kualitas Sperma Yang Baik

Sperma atau spermatozoa yang merupakan cairan air mani yang dihasilkan oleh pria. Secara garis besar, Sperma adalah cairan yang membawa sel-sel spermatozoa yang dikeluarkan melalui alat vitalnya untuk membuahi sel telur di dalam rahim wanita.

Pria memproduksi dan menghasilkan sperma setiap saat, sel sperma yang dihasilkan pria jumlahnya hingga 20-40 juta per mililiter, dari banyak jumlah sperma yang dihasilkan pria hanya ada satu sel sperma yang berhasil membuahi sel telur.

Pria yang dikatakan memiliki sperma yang baik apabila memiliki ciri sperma seperti :

1. Volume atau banyaknya sperma yang dihasilkan sebanyak 20-40 juta per mililiter.

Setiap pria yang mengalami ejakulasi akan menghasilkan jumlah sperma secara normal sekitar 10-20 juta per mililiter. Dengan syarat 60 % sperma yang dihasilkan adalah sperma yang sehat dan 15 % sperma dapat bergerak dengan lurus, cepat dan lincah. Bentuk sperma seperti kecebong, sperma yang sehat memiliki ciri bentuk kepala sperma yang bulat lonjong (oval) jika dilihat dari sisi samping berbentuk pipih.

Gambar sperma yang berenang menuju sel telur di dalam rahim wanita

 Gambar skema sel sperma pria

Jika sperma tidak memiliki ciri diatas dalam arti volume atau jumlah sperma yang dihasilkan kurang dari 20-40 juta per mililiternya, kualitas, kuantitas dan motilitas (gerakan sperma) buruk maka sperma akan mengalami kesulitan untuk membuahi sel telur wanita.

2. Pria dikatakan subur apabila memiliki lebih dari 20 juta sperma per mililiter cairan mani.

Menurut para ahli dalam bidang andrologi, menyebutkan bahwa memiliki sperma yang sehat dan berkualitas sama pentingnya dengan jumlah sperma yang dihasilkan. Dari jutaan sel sperma yang dihasilkan saat melakukan hubungan intim dan terjadi ejakulasi, hanya 200 sel sperma yang bisa menembus sel telur yang berada di tuba falopi dan hanya ada 1 sel sperma yang berhasil membuahi sel telur.

3. Kualitas sperma dipengaruhi oleh morfologi (bentuk dan struktur) sperma yang juga tak luput dari perhatian, karena kualitas sperma juga dapat dijadikan tolak ukur untuk menilai kesuburan pria dan menentukan keberhasilan sperma dalam menghasilkan pembuahan pada sel telur.

Apabila 1/3 dari jumlah sperma yang dihasilkan memiliki bentuk dan struktur yang sempurna dan normal, akan memberi peluang besar untuk terjadinya pembuahan yang semakin tinggi.

4. Untuk keberhasilan sperma membuahi sel telur dan dimasuk ke rahim, sperma pria harus memiliki gerak yang lincah dan cepat berenang menuju rahim.

Gerak sperma ini dipengaruhi dari bentuk sperma yang kepala sperma yang bulat agak lonjong atau oval dan ekor sperma yang panjang yang mendorong sperma untuk maju kedepan menuju rahim.

Buah zakar (testis) menghasilkan sperma. Menurut seorang andrologi yakni Dr. Nugroho Setiawan, MS,Sp.And mengungkapkan bahwa ketika seorang pria mengalami ejakulasi pertama kalinya, maka ia akan menghasilkan dan mengeluarkan satu ejakulat cairan yang disebut dengan Semen. Jadi dalam satu ejakulasi selain menghasilkan sperma juga menghasilkan cairan (semen).

Testis akan menghasilkan sperma jika merasakan adanya rangsangan seksual yang diterima. Dalam prosesnya, sperma yang diberi cairan semen yang dihasilkan dari kelenjar prostat dan kantung mani (vesika seminalis). Jika pria yang mengalami ejakulasi pertama kali menghasilkan sperma dipengaruhi oleh 3 kelenjar yang memainkan peranan yakni kelenjar testis (tubuli seminiferi), kelenjar prostat dan vesika seminalis. Maka tak heran jika pria bisa melakukan vasektomi, namun tetap bisa mengeluarkan cairan.


>>> ProMale Untuk Menambah Jumlah Sperma dan Meningkatkan Kualitas Sperma Serta Mengentalkan Sperma Pria, KLIK DETAIL DISINI!


This entry was posted in Kualitas Sperma, Obat Kualitas Sperma and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>